Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalender dan Elemen Penting di Dalamnya

Meskipun pada saat ini dunia telah masuk ke dalam era digital, akan tetapi keberadaan kalender konvensional tetap dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat. Nah jika saat ini Anda membutuhkan ide tentang contoh kalender yang unik, silahkan simak uraian ini hingga tuntas.

Elemen Penting Untuk Pembuatan Kalender

Sebelum masuk pembahasan utama, ada baiknya Anda perhatikan dahulu elemen penting apa saja yang ada di dalam kalender.

1. Tampilan Jelas

Fungsi utama sebuah kalender adalah sebagai penunjuk tanggal. Jadi tentu saja kalender yang baik adalah yang memiliki tampilan tanggal secara jelas. 

Jangan sampai Anda membuat desain kalender justru terlalu banyak teks, gambar, ilustrasi, atau desain yang menghalangi terbacanya deretan penanggalan secara jelas.

2. Tema Yang Berkaitan

Susunlah tema secara berurutan dan ada keterkaitan antara satu dengan yang lainnya di dalam sebuah kalender. Misalnya saja desain kalender dalam satu tema besar tentang profesi, cita-cita, atau berupa portofolio sebuah perusahaan.  

3. Pemilihan Ilustrasi Gambar Yang Sesuai

Jika Anda telah memilih sebuah tema tertentu maka untuk mendukung ide tersebut maka pilihlah juga ilustrasi gambar kalender yang sesuai. Dengan begitu maka kalender akan dapat tampil menarik secara keseluruhan dalam sebuah benang merah yang sama.

4. Memiliki Desain Unik Dan Inspiratif

Tahukah Anda jika sebuah desain kalender dapat menjadi sarana penyampaian atas sebuah ide dan gagasan secara efektif. Akan tetapi untuk mencapai tujuan tersebut tentu saja kalender harus menggunakan desain yang unik dan inspiratif.

5. Praktis

Meskipun kalender yang akan dibuat memiliki desain yang unik, tema yang berkesuaian, tampilan jelas serta ilustrasi gambarnya menarik namun semua kan sia-sia saja jika tidak memenuhi unsur kepraktisan.

Oleh karena itulah detail ukuran, jenis kertas, dan finishing kalender juga penting untuk Anda perhatikan. Tentu Anda tak ingin kalender Anda tak dapat difungsikan sebagaimana yang seharusnya hanya karena hasil cetakannya tidak bagus bukan?

Ide Desain Kalender Kreatif 

Hampir di setiap meja baik di rumah, kantor, sekolah atau instansi lain di atas mejanya akan dapat dengan mudah Anda temukan kalender. Tentu saja kalender yang memiliki desain kreatif akan memiliki nilai tinggi.

1. Kalender Berbentuk Toaster

Contoh kalender kreatif yang pertama adalah kalender yang didesain menyerupai bentuk sebuah toaster atau pemanggang roti. Dengan wadah berupa kotak, serta lembaran-lembaran berbentuk roti sejumlah 12 buah di dalamnya sungguh kalender ini akan tampil atraktif.

2. Kalender Model 3D

Kalender yang berbentuk 3D juga termasuk model kalender yang unik. Tanpa proses pembuatan yang sangat rumit, karena hanya mengikuti teknik melipat kertas saat zaman sekolah, kalender bentuk 3D ini sangat fungsional.

3. Kalender Berwujud Binatang

Contoh kalender kreatif dan unik berikutnya adalah kalender yang memiliki bentuk berupa wujud binatang asli. Untuk pemilihan wujud binatangnya bisa bebas, tergantung selera serta keinginan Anda.

4. Kalender Menyerupai Ular Tangga

Ingin memiliki kalender yang dapat juga difungsikan sebagai penghias dinding kediaman? Maka gunakan saja desain kalender yang berbentuk badan ular yang melingkar panjang. Tentu saja selain fungsional, kalender dengan bentuk ini sangat menarik karena jarang dijumpai.

5. Kalender Berdesain ilustrasi

Rekomendasi contoh kalender yang terakhir adalah kalender dengan desain ilustrasi. Misalnya saja kalender yang berbentuk cinta, boneka beruang, bunga atau rangkaian bunga dan masih banyak lagi lainnya.

Bagi Anda yang sedang mencari contoh untuk kalender yang keren lainnya, maka bisa kontak Oase Project. Oase Project sendiri adalah salah satu perusahaan di bidang percetakan yang berlokasi di ibukota Jawa Timur, yaitu Surabaya.

Kelebihan yang bisa Anda dapatkan menggunakan jasa Oase Project adalah adanya garansi untuk melakukan cetak ulang apabila terbukti terdapat kerusakan atau cacat pada hasil cetakan.

Posting Komentar untuk "Contoh Kalender dan Elemen Penting di Dalamnya"