Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Jenis Map Kertas untuk Kantor

Ketika tahun ajaran berganti, banyak kebutuhan sekolah maupun kantor yang harus di beli tentunya. Tidak hanya peralatan tulis saja, banyak juga yang membutuhkan map. Tetapi, map yang dibutuhkan tidak hanya berbahan plastik saja, yuk simak jenis map kertas untuk kantor.

Tidak hanya map saja, banyak peralatan yang wajib dibeli untuk kebutuhan sekolah maupun kantor ketika tahun ajaran baru. Seperti pensil, pulpen, spidol, tinta, lembaran kertas, buku, nota hingga penghapus. Anda juga pasti membutuhkan tempat untuk menyimpan berkas anda.

Untuk itu, diperlukan jenis map dokumen sebagai tempat untuk menyimpan beberapa dokumen supaya tersusun rapi. Simak penjelasan mengenai jenis map kertas untuk kantor beserta fungsinya berikut ini.

1. Map Ordner

Jenis map dokumen berbentuk ordner ini merupakan map besar yang berbahan dasar karton yang tebal. Biasanya, per satu ordner bisa menyimpan sampai 500 lembar dokumen. Didalam map tersebut sudah dilengkapi dengan besi penjepit.

Namun, untuk menyimpan dokumen pada map ini anda harus melubangi kertas atau dokumen terlebih dahulu. Dengan menyimpan dokumen di map ordner, anda juga bisa menyusun map tersebut dengan rapi dalam rak arsip atau filling cabinet.

2. Hanging Folder

Jenis jenis map kantor yang lain adalah berbentuk hanging folder. Jenis map ini memiliki fungsi yang sama seperti map jenis ordner. Sering kali anda menyebutnya sebagai map gantung karena memang penyimpanan dokumennya digantung.

3. Folder

Ukuran map kertas berbentuk folder biasanya ada yang ukuran F4 maupun A4. Tidak hanya berbahan plastik saja, map jenis folder juga ada yang berbahan kertas. Map jenis folder biasanya tidak memiliki daun penutup dan ketebalannya disesuaikan agar tidak merusak kertas.

Untuk menggunakannya juga sangat mudah. Karena jenis map ini tidak memiliki daun telinga, anda tinggal memasukan dokumen anda ke dalam map folder ini. 

4. Map Snelhecter

Dari segi bentuk, map jenis snelhecter ini mirip dengan map berjenis folder. Tidak hanya mirip dala, segi bentuk, namun dalam hal kegunaan juga mempunyai kesamaan. Karena, sama-sama berguna dalam menyimpan dokumen. Hanya saja, kebanyakan map ini terbuat dari plastik.

Namun, jenis map dokumen snelhecter yang berbahan dasar kertas juga ada loh. Hanya saja, jika yang terbuat dari kertas ini hanya digunakan untuk menyimpan dokumen yang sudah tidak aktif maupun tidak digunakan lagi. 

Untuk menyimpan dokumennya, anda perlu melubangi dokumen anda terlebih dahulu dengan perforator. Karena, untuk menyimpannya harus dijepit di dalam map snelhecter.

5. Stopmap Folio

Jenis map kertas untuk kantor yang sering digunakan adalah jenis map stopmap folio. Tidak hanya digunakan oleh pelamar kerja saja, namun para arsiparis juga menggunakan map jenis ini untuk mengarsipkan beberapa berkasnya.

Berbeda dengan jenis map yang lainnya. Map jenis stopmap folio ini memiliki daun penutup atas dan bawah didalamnya. Fungsinya adalah untuk menutup atau menjepit dokumen supaya dokumen tidak jatuh atau berserakan.

Para arsiparis menggunakan map jenis stopmap folio adalah untuk menyimpan dokumen inaktif. Artinya, dokumen tersebut jarang digunakan dalam proses bekerja sehari-harinya.

Kesimpulan

Jadi, untuk menyimpan dokumen anda supaya tersusun rapi anda bisa menggunakan jenis map kertas untuk kantor seperti diatas. harga map kertas yang paling murah biasanya hanya sekitar Rp. 1.000 untuk jenis map stopmap folio.

Jika anda akan mencetak map kertas dalam jumlah ribuan, maka Oase Project siap melayani anda. Kunjungi website www.oaseproject.com, anda bisa menemukan penawaran terbaik sesuai dengan harga dan kualitasnya. Karena, map dicetak dengan Cetak Offset.

Posting Komentar untuk "Fungsi dan Jenis Map Kertas untuk Kantor"