Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Desain Cover Majalah

Cari referensi contoh desain cover majalah yang bagus dan menarik? Tepat sekali, sampul atau cover majalah adalah hal penting yang perlu diperhatikan demi tujuan yang tersampaikan dengan baik. Fungsi utama cover majalah adalahi untuk menjual merek.

Itulah sebabnya Anda perlu mendesai cover majalah semenarik mungkin dengan visual yang bagus. Ada beberapa jenis desain cover majalah yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat majalah jadi lebih menarik dan keren. 

Contoh Desain Cover Majalah

Anda mungkin perlu beberapa ide desain cover majalah untuk dicoba demi memperoleh desain terbaik. Berikut ini contoh desain cover majalah yang bisa Anda coba dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan: 

1. Desain Cover Majalah Berbasis Gambar

Ini adalah jenis yang paling umum untuk cover majalah. Biasanya terdiri dari satu sampai beberapa orang yang tampil di sampul. Model sampul majalah akan melihat ke kamera dan lebih baik dengan posisi tersenyum. 

Jenis ini bisa jadi contoh cover majalah fashion, baik pria atau wanita. Beberapa majalah memiliki pendekatan yang berbeda untuk menampilkan cover yang tidak biasa. Contohnya model yang tidak menghadap kamera, posisi menyamping, tidak tersenyum, dan sebagainya.

Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau karakter bisnisnya. Namun, yang paling penting adalah sifat fotografi yang harus disesuaikan dengan gaya publikasinya. Seperti contoh cover majalah Vogue yang memiliki desain berbasis gambar yang keren.

2. Desain Cover Majalah Berbasis Ilustrasi

Contoh cover majalah keren yang bisa digunakan adalah berbasis ilustrasi. Jenis cover ini sudah digunakan sejak awal penerbitan pertengahan abad 30-an. Salah satu majalah yang terkenal dengan cover ilustrasinya adalah The New Yorker. 

Ilustrasi ini digunakan untuk menampilkan sesuatu yang berkarakter sesuai dengan jenis majalahnya dengan gaya yang tidak biasa. Mayoritas yang menggunakan jenis desain berbasis ilustrasi ini adalah majalah yang diterbitkan secara independen.

Selain itu ada pula majalah yang menggunakan ilustrasi yang dibuat secara digital menggunakan komputer. Itu artinya ada banyak pilihan style ilustrasi yang bisa dipilih. Seperti untuk contoh cover majalah sekolah yang menarik.

3. Desain Cover Majalah Berbasis Teks

Salah satu contoh cover majalah simple adalah berbasis teks yang jarang digunakan, namun tetap menarik. Anda mungkin sering menjumpai contoh desain cover majalah teks yang cenderung mencolok dan mengejutkan. 

Dalam praktiknya jenis cover ini memang memiliki nilai yang lebih menarik dengan menampilkan kata-kata. Karena berbasis teks maka kata-kata yang dipilih juga harus memiliki makna yang kuat.  

Artinya bisa menyajikan pesan yang lebih baik daripada jenis cover fotografi. Contoh majalah terkenal yang menggunakan desain cover berbasis teks adalah “Oh My God, We Hit a Little Girl!”-nya Esquire oleh George Lois.

4. Desain Cover Majalah Berbasis Konsep

Jenis desain cover berbasis konsep adalah gabungan dari ketiga jenis desain di atas. Ini adalah contoh cover majalah terbaik untuk menyampaikan pesan yang kuat dengan cara yang menarik dan mengejutkan.

Tips utama untuk membuat desain cover majalah ini adalah harus langsung membuat audiens memahaminya. Ide yang Anda miliki mungkin baik bagi Anda namun belum tentu baik bagi pembacanya. 

Jenis desain ini biasanya digunakan untuk majalah bisnis, berita mingguan, majalah independen, dan majalah untuk langganan publikasi. Seperti majalah Tempo, majalah National Geographic, dan sebagainya. 

5. Garis Cover Majalah

Hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat desain cover majalah adalah interaksi antara kata-kata dan gambar yang ditampilkan. Jika hal ini dilakukan dengan benar, maka membuat pesan mudah diterima pembaca dan menarik audiens dari tumpukan majalah lainnya.

Maka cara menciptakannya adalah menggunakan garis sampul yang disesuaikan dengan karakter publikasinya. Perlu Anda ketahui, membuat garis sampul yang baik dan menarik bukanlah tugas yang mudah. 

Namun, Anda jangan khawatir jika butuh desain cover majalah yang berkualitas  karena ada Oase Project. Berkomitmen untuk proses pengerjaan yang cepat dan terjangkau, Oase project melayani kebutuhan desain berkualitas sesuai keinginan Anda. Berbagai contoh desain cover majalah bisa dikerjakan dan siap melayani percetakannya sekaligus.

Posting Komentar untuk "5 Contoh Desain Cover Majalah"