Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Jenis Kemasan Produk Yang Wajib Diketahui

Sebuah kemasan produk menjadi hal penting di dalam pemasaran suatu produk karena melalui kemasanlah calon konsumen paham akan deskripsi produk. Sedangkan kualitas produk seringkali berkaitan dengan jenis kemasan produk.

Biasanya jenis kemasan yang digunakan sebagai wadah suatu produk dibagi berdasarkan struktur isi hingga tingkat kesiapan pakainya. Secara lebih detail berikut ini penggolongan pada jenis kemasan.

A. Berdasarkan Struktur Isi Dan Fungsi

Setiap produk pasti memiliki kemasan. Apabila jenis kemasan dibagi berdasarkan isi produk dan fungsinya, maka terdapat 3 jenis kemasan sebagai berikut:

1. Kemasan Primer

Kemasan primer adalah istilah yang merujuk pada bahan pembungkus yang langsung bersinggungan dan menjadi wadah atas sebuah produk. Kemasan primer ini biasanya digunakan sebagai wadah pada produk yang berupa bahan-bahan pangan.

Contohnya adalah kemasan untuk susu, baik yang berupa botol minuman atau kardus. Contoh lainnya adalah kemasan untuk berbagai jenis makanan siap saji.

2. Kemasan Sekunder

Kemasan sekunder adalah jenis kemasan produk yang memiliki fungsi sebagai pelindung terhadap jenis kemasan lainnya. Contohnya kotak kardus sebagai wadah atau kemasan bagi kaleng susu, atau kantong plastik sebagai wadah sejumlah bungkus permen.

3. Kemasan Tersier

Jenis kemasan yang terakhir adalah kemasan tersier. Yaitu jenis kemasan yang digunakan selama proses penyimpanan serta pengiriman sebuah produk. Fungsi lainnya kemasan tersier juga sebagai sarana identifikasi sebuah produk.

B. Berdasarkan Frekuensi Pemakaian

Jika kemasan produk dikelompokkan berdasarkan frekuensi pemakaian maka terdapat tiga jenis kemasan. Yaitu kemasan yang sekali pakai, kemasan untuk pemakaian berulang, serta yang terakhir kemasan permanen. 

1. Kemasan Disposable 

Kemasan disposable adalah jenis kemasan yang hanya digunakan dalam satu kali pemakaian saja. Artinya kemasan ini begitu selesai produk digunakan maka harus dibuang, contohnya bungkus permen, bungkus roti, makanan kaleng, karton susu dan lain sebagainya.

2. Kemasan Multi Trip 

Kemasan Multi Trip adalah golongan kemasan yang dapat digunakan berulang kali meski produk telah habis digunakan. Biasanya jenis kemasan ini tidak akan dibuang namun akan dikembalikan untuk dilakukan pemanfaatan ulang oleh produsennya.

Contohnya adalah berbagai botol minuman atau bahan pangan yang terbuat dari kaca tebat.

3. Kemasan Semi Disposable 

Kemasan semi disposable ini merupakan jenis kemasan yang dapat digunakan kembali untuk berbagai kepentingan lainnya, setelah produk isi kemasan habis digunakan. Contohnya berbagai jenis botol minuman atau wadah plastik bahan pangan semisal kaleng biskuit.

C. Berdasarkan Sifat Kekakuan

Pembagian jenis kemasan produk juga dapat didasarkan pada sifat kekakuan bahan atau produk yang diwadahi. Penggolongannya ada 3 juga, yaitu: 

1. Kemasan Fleksibel

Jenis kemasan fleksibel adalah kemasan yang jenis bahannya mudah untuk dilenturkan, contohnya adalah bungkus foil, kertas atau plastik.

2. Kemasan Kaku

Contoh jenis kemasan kaku adalah logam, kayu, kaca atau gelas. Jadi bahan pembuat kemasan untuk produknya merupakan bahan yang keras dan kaku.

3. Kemasan Hybrid

Sifat dari jenis kemasan yang memiliki sifat fleksibel dan kaku, misalnya botol plastik dan wadah bahan yang berbentuk pasta.

D. Kemasan berdasarkan kesiapan pakai

Untuk jenis kemasan berdasarkan sifat kekakuan bahannya terbagi menjadi 3 golongan, yaitu:

1. Kemasan Siap Pakai 

Kemasan siap pakai adalah jenis kemasan yang telah siap untuk digunakan sebagai wadah. Jenis kemasan yang satu ini akan memiliki bentuk yang telah sempurna sejak keluar dari pabriknya. Misalnya saja botol, kaleng dan lain sebagainya.

2. Kemasan Siap Dirakit

Berbeda dengan jenis kemasan di atas, untuk kemasan ini Anda harus melakukan perakitan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Contohnya adalah wadah dari bahan kaleng berbentuk lempengan, kardus karton yang harus dilipat dan lain-lain.

Nah bagi Anda yang tengah menjalankan bisnis serta memerlukan berbagai jenis kemasan produk, maka bisa menghubungi Oase Project. Dengan berbagai pengalaman percetakan selama bertahun-tahun serta memiliki desainer grafis yang handal, maka kebutuhan Anda akan dapat dipenuhi secara profesional.

Posting Komentar untuk "Beberapa Jenis Kemasan Produk Yang Wajib Diketahui"