Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Jasa Cetak Undangan Pernikahan

Pernikahan merupakan suatu acara yang sangat spesial. Banyak hal yang biasanya dipersiapkan untuk membuat momen tersebut lebih istimewa. Salah satunya dalam memilih undangan pernikahan. Rekomendasi penyedia jasa cetak undangan pernikahan pun banyak dicari.

Sebagai acara yang dianggap sakral, berbagi kebahagiaan dengan kerabat maupun orang-orang terdekat pastinya menjadi salah satu hal yang sangat dinanti. Kemeriahan acara pernikahan dari banyaknya tamu undangan tentunya akan membuat momen tersebut lebih berkesan.

Oleh karena itu, undangan pernikahan juga perlu dipersiapkan dengan baik. Meskipun secara umum isi undangan pernikahan mencakup informasi terkait tempat dan waktu acara. Namun saat ini desain undangan pernikahan juga menjadi daya tarik yang harus dipertimbangkan.

Memilih Penyedia Jasa Undangan Pernikahan yang Tepat

Seiring waktu tampilan undangan menjadi semakin kreatif dan unik. Terdapat berbagai custom undangan pernikahan serta beragam konsep undangan yang bisa dipilih. Bahkan semakin canggih teknologi, selain undangan cetak ada juga undangan digital seperti undangan website.

Tentu saja setiap jenis undangan memiliki kelebihan maupun kekurangannya masing-masing. Namun, semestinya hal tersebut tidak mengurangi esensi dari tujuan pembuatan undangan. Karena sejatinya setiap undangan sebagai bentuk penghormatan kepada setiap tamu undangan. 

Setiap penyedia jasa undangan pernikahan biasanya memiliki ciri khasnya masing-masing. Tentu saja mereka juga menerapkan harga yang berbeda-beda. Untuk itu Anda dapat memilih yang sesuai kebutuhan. Berikut adalah tips memilih jasa cetak undangan pernikahan.

1. Lihat Portofolio

Mengingat pernikahan adalah mementum yang spesial, maka undang harus juga dicetak secara spesial. Jangan sampai, Anda tidak melihat dahulu kualitas undangan yang pernah dibuat oleh sebuah percetakan undangan pernikahan.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika melihat portofolio produk jasa undangan wedding antara lain

  • Kualitas cetakan (kejernihan, kualitas tinta, dan lain-lain)
  • Kerapian desain
  • Kuantitas produk yang sudah pernah dicetak sebelumnya
  • Ragam jenis undangan pernikahan yang pernah dicetak

Semakin banyak jam terbang jasa cetak undangan, maka semakin bagus pula hasilnya. Lebih baik, jangan fokus pada harga murah saja. Kualitas undangan adalah hal yang paling penting untuk menunjang acara pernikahan agar terlihat semakin mengesankan.

Untuk cari aman, Anda bisa gunakan jasa undangan pernikahan yang sudah berpengalaman. Jasa yang sudah memiliki sosial trust yang baik dan sudah terpercaya di daerah Anda atau di internet.

2. Minta Rekomendasi

Tips memilih jasa percetakan undangan pernikahan yang selanjutnya adalah meminta rekomendasi. Hal ini adalah tindakan yang paling tepat bagi Anda yang ingin cari jasa cetak undangan pernikahan tapi belum pernah cetak sebelumnya.

Anda bisa bertanya pada orang-orang yang sudah pernah cetak undangan pernikahan. Entah itu teman yang sudah pernah menikah, keluarga, atau bahkan tetangga Anda. Kalau bisa, Anda minta contoh undangan yang sudah dicetak.

Dengan cara ini, Anda dijamin akan dapat jasa cetak undangan yang benar-benar berkualitas. Sebab jika tidak berkualitas, sebuah jasa tidak akan direkomendasikan, terlebih oleh teman atau keluarga sendiri.

Saat meminta rekomendasi, pastikan menanyakan beberapa hal berikut

  • Berapa lama proses percetakan undangan?
  • Apakah ada garansi jika ada kesalahan?
  • Jika cetak banyak, apakah ada diskon ?
  • Pembayaran dilakukan di awal atau bisa DP?

Pertanyaan-pertanyaan penting diatas wajib Anda lontarkan ketika minta rekomendasi. Jika Anda tidak srek layanannya, maka lebih baik jangan dipilih. Cari rekomendasi tempat cetak undangan wedding yang lainnya.

3. Harga Bersaing (Kompetitif)

Masalah harga memang jadi hal yang urgent ketika mau cetak undangan pernikahan. Namun, kami sarankan untuk tidak terlalu fokus pada harga. Cari jasa undangan pernikahan yang harganya di sekitar rata-rata saja.

Sebab, banyak sekali jasa yang harganya murah tapi ternyata kualitasnya sangat mengecewakan. Mulai dari gambar yang tidak jernih, kertas yang tidak sesuai, hingga desain yang tidak memuaskan.

Ingat, “Ada harga, ada kualitas!”

Namun, banyak juga sih yang harganya mahal tapi kualitasnya biasa saja. Maka dari itu, penting untuk melakukan survei terlebih dahulu. Harga satu biji undangan pernikahan itu di kisaran Rp700,- hingga Rp1500,- tergantung dengan jenis kertas dan cetaknya.

Nah, bagaimana cara memilih harga yang terbaik? Mudah banget kok!

1. Pertama, lakukan riset di internet (di website percetakan maupun marketplace)

2. Setelah itu, susun rentang harga dan tentukan rata-ratanya

3. Jika sudah, pilih yang mendekati harga rata-rata tersebut

4. Bandingkan fasilitas yang diberikan dari harga yang sama

5. Pilih layanan jasa undangan pernikahan yang paling sesuai

Mudah sekali bukan? Tetap jangan lupa untuk melihat portofolio dari jasa cetak undangan tersebut. Jangan memilih hanya berdasarkan harganya murah. Karena murah seringkali berbanding lurus dengan kualitas yang rendah.

4. Memberikan Garansi

Tips memilih penyedia jasa percetakan undangan selanjutnya adalah fasilitas garansi. Kenapa ini penting? Sebab seringkali dalam proses desain dan percetakan ada kesalahan.

Arti garansi disini adalah undangan yang salah akan diganti. Entah itu salah desain ataupun salah cetak. Fasilitas garansi ini menjadi hal yang wajib Anda cari karena undangan pernikahan tidak boleh ada kesalahan di dalamnya (terlebih kesalahan tulis).

Momen sakral nan istimewa ini tidak boleh dinodai oleh kesalahan undangan. Maka dari itu, Anda juga wajib custom undangan pernikahan agar desain dan tulisan bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.

Namun, sebelum Anda meminta garansi, pastikan siap melakukan beberapa hal berikut

  • Mengomunikasikan desain secara jelas (maunya gimana)
  • Memberikan brief tulisan kepada jasa cetak dengan benar
  • Mau meninjau dan merevisi hasil desain yang dibuat

Jika Anda tidak mau melakukan tiga hal tersebut, maka kami jamin jasa cetak undangan tidak akan mau memberikan garansi. Maka dari itu, komunikasi adalah yang paling paling utama dalam proses cetak undangan pernikahan aestetik dan sempurna.

5. Gratis Desain

Berkaitan dengan fasilitas, Anda harus teliti saat memilih jasa undangan pernikahan. Sebab, banyak yang menawarkan template undangan atau gratis desain. Hal ini harus Anda dapatkan, terlebih jika Anda tidak bisa desain sendiri.

Pada dasarnya, saat ini banyak sekali template undangan pernikahan yang bisa didownload secara gratis. Namun, layanan gratis desain ini akan membuatnya jadi jauh lebih gampang. Sehingga, Anda bisa menyiapkan keperluan pernikahan yang lainnya.

Meskipun gratis desain, pastikan Anda memilih dan memberikan brief yang benar ya. Sebab, jasa undangan wedding hanya akan mengikuti apa yang Anda instruksikan. Maka dari itu, pastikan beri brief desain yang jelas, kalau perlu sertakan contohnya.

Ada beberapa tips memilih desain undangan pernikahan yang bisa Anda lakukan, antara lain

  • Sesuaikan dengan tema atau konsep pernikahan yang dilakukan
  • Kedepankan desain yang simpel, bersih, dan aestetik
  • Masukkan informasi yang penting-penting saja (jangan lupa lokasi resepsi)
  • Gunakan huruf yang tidak terlalu lebay, tapi masih aestetik
  • Boleh menggunakan foto pre-wedding (tidak wajib)
  • Masukkan instruksi yang diperlukan untuk para tamu ke dalam undangan

Selain itu, Anda bisa melakukan custom undangan pernikahan yang lain. Hal yang paling utama adalah, pastikan temanya sama dengan pernikahan yang diselenggarakan. Sehingga, pernikahan Anda akan jauh terlebih dikonsep dengan baik.

Penutup

Meskipun undangan pernikahan terkesan sebuah hal kecil, jangan pernah menyepelekannya. Sebab, para tamu bisa saja menilai sebuah pernikahan pertama kali dari undangan nya. Jika desain dan kualitasnya baik, maka sebuah pernikahan akan dipandang baik pula.

Maka dari itu, pastikan Anda memilih jasa undangan pernikahan yang tepat dan berkualitas. Jangan sembarangan memilih, terlebih asal pilih dengan alasan murah harganya. Semoga tips di atas bermanfaat, semoga pernikahan yang Anda selenggarakan berjalan lancar!

Posting Komentar untuk "Memilih Jasa Cetak Undangan Pernikahan"