Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Hal Di Undangan Pernikahan yang Wajib Diketahui

Undangan pernikahan adalah salah satu item yang sangat penting di dalam keseluruhan rangkaian acara sebuah pernikahan. Bahkan bisa dikatakan jika sebuah undangan pernikahan itu merupakan first impression atas sebuah kegiatan yang akan dilangsungkan.

Oleh karena itulah keberadaan kartu undangan menjadi tak dapat diabaikan dan harus dirancang dengan sebaik-baiknya. Nah bagi calon pengantin, di bawah ini akan diuraikan berbagai hal yang berkenaan dengan kartu undangan yang wajib untuk diketahui.

Mulai dari contoh, tips untuk memilih kartu undangan untuk pernikahan hingga kapan waktu yang tepat untuk merancang, membuat serta mengirimkan kartu undangan tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak detail uraiannya di bawah ini.

Tren Undangan Pernikahan

Layaknya sebuah fashion, undangan pernikahan pun juga mengalami perubahan serta perkembangan sesuai karakter zaman. Selain itu kartu undangan untuk pernikahan saat ini juga memiliki beragam desain bentuk yang sangat unik dan kreatif.

Layaknya souvenir pernikahan, inovasi kartu undangan untuk pernikahan pun tidak hanya berhenti pada bentuknya saja sehingga lahir berbagai jenis kartu undangan pernikahan unik, simple atau mewah.

Inovasi tersebut juga merambah pada sarana yang digunakan. Jika selama ini bentuk kartu undangan untuk pernikahan umumnya terbuat dari kertas, nah terobosan anyar dari sebuah kartu undangan adalah lahirnya undangan berbasis online.

Ada banyak sekali pertimbangan yang menjadi latar belakang sepasang calon pengantin beserta keluarganya memilih untuk menggunakan undangan digital. Semua itu memang kembali ke pihak sang mempelai masing-masing dalam memutuskannya.

Akan tetapi bagi calon mempelai yang masih menjatuhkan pilihan untuk membuat undangan milik mereka secara konvensional yaitu berwujud kartu undangan, maka di bawah ini ada beberapa tren kartu undangan yang dapat dijadikan sebagai dasar ide dan inspirasi.

1. Undangan Bergaya Paspor

Menolak gaya kartu undangan untuk pernikahan yang sangat mainstream, calon mempelai yang ingin memiliki undangan pernikahan aesthetic dapat memilih bentuk kartu undangan yang satu ini.

Dengan mengusung bentuk paspor, maka kartu undangan pun akan tampil dengan sangat unik tanpa terlihat membosankan. Bentuk kartu undangan yang seperti ini akan semakin pas jika sang mempelai memiliki konsep pesta pernikahan yang akan diadakan di luar negeri.

Atau bisa juga karena setelah pesta pernikahan, mempelai akan berbulan madu ke luar negeri. Atau bisa karena mempelai berdua akan berencana pindah tempat tingal di luar negeri setelah pesta pernikahan diselenggarakan.

Akan tetapi seandainya tanpa ketiga sebab tersebut pun, kartu undangan pernikahan yang semacam ini sah-sah saja jika menjadi pilihan dari sang mempelai.

2. Undangan Ber-design Watercolor atau Motif Bunga

Selain memiliki gaya yang unik, kartu undangan yang sedang naik daun saat ini adalah yang memiliki konsep less is more dengan beragam warna pastel serta desain yang sederhana sehingga secara keseluruhan kartu undangan tampak elegan.

Agar terlihat modern serta memiliki tampilan romantis, maka dapat memanfaatkan desain cat air dengan beragam motif bunga cantik sebagai hiasan. Dengan begitu alhasil undangan pernikahan simple nan minimalis pun akan terlihat sangat anggun namun tetap penuh gaya.

3. Undangan dengan Desain Ilustrasi atau Vintage

Tren ketiga dari kartu undangan pernikahan adalah memanfaatkan gaya desain ilustrasi sederhana yang memiliki gradien halus dan tekstur cantik sehingga kartu undangan pun tampil dengan sangat mewah dan artistik.

Agar kartu undangan tak terkesan ribet, jangan terlalu banyak memasukkan kalimat-kalimat pembuka dan penutup sebagaimana layaknya kalimat standar yang terdapat di dalam sebuah kartu undangan konvensional.

Cukup masukkan saja informasi penting yang berkaitan dengan tanggal, waktu dan tempat penyelenggaraan pernikahan, beserta detail nama mempelai berdua bersama keluarga masing-masing.

Nah jika calon mempelai tak tertarik dengan gaya desain ilustrasi yang membuat tampilan minimalis menjadi sangat menonjol, maka cobalah untuk memanfaatkan desain kombinasi tipografi vintage. 

Gaya undangan pernikahan mewah namun unik, modern dan kekinian pun akan tergambarkan dari untaian kalimat di dalam kartu undangan yang ditulis dengan memakai gabungan beberapa jenis font bergaya vintage. 

Tips Membuat Undangan Pernikahan

Selain memikirkan desain, undangan pernikahan juga harus mempertimbangkan beberapa hal lain agar semua sesuai harapan. Hal apa sajakah itu? 

1. Sesuaikan Undangan Dengan Konsep Pernikahan

Meski tak salah, namun menyesuaikan desain undangan dengan konsep atau tema pernikahan yang akan digelar akan menjadikan keseluruhan rangkaian pernikahan menjadi jauh lebih sempurna.

2. Pilihlah Jasa Pembuat Undangan Terpercaya

Sebelum menjatuhkan pilihan pada sebuah jasa pembuat kartu undangan untuk pernikahan, maka cari dan kumpulkanlah rekomendasi penyedia jasa yang kredible. Hal ini sangat penting selain berkaitan dengan kualitas juga ketepatan deadline sesuai perjanjian.

3. Hindari Desain Terlalu Ramai

Desain undangan yang dipenuhi dengan beragam detail yang tak perlu, selain membuat tampilan menjadi kurang, juga terkesan tak sesuai. Harap diingat bahwa penerima undangan bukan hanya teman dari calon mempelai namun juga keluarga serta kolega orang tua mempelai.

4. Pastikan Tulisan Dapat Terbaca Jelas

Bentuk font yang lucu dan penuh gaya mungkin memang berkesan kekinian, namun hindari penggunaan font yang memiliki gaya tulisan rumit karena akan menyulitkan penerima undangan mendapatkan informasi yang terdapat di dalam kartu undangan.

5. Cek Desain Kartu Sebelum Naik Cetak

Pastikan untuk melakukan pengecekan, sebelum undangan naik cetak. Selain detail informasi acara, cek juga penulisan nama mempelai dan keluarga, termasuk cek kelayakan foto pada jenis undangan pernikahan ada fotonya.

Saat Tepat Membuat dan Mengirim Undangan

Dari sekian banyak hal yang harus dipersiapkan di dalam rangkaian acara pernikahan, merencanakan kapan akan membuat serta mengirimkan kartu undangan pernikahan, adalah detail yang tak boleh disepelekan.

Yang perlu diingat bahwa dalam penentuan desain, mencari penyedia jasa layanan serta melakukan cetak undangan pastilah akan membutuhkan waktu yang tak sebentar. 

Apalagi pada saat membuat desain undangan tak jarang konsep dari pesta pernikahan yang akan digelar juga turut menjadi bahan pertimbangan. Belum lagi jika jumlah tamu yang diundang cukup banyak dan lokasi tamu yang diundang ada yang berada di luar kota.

Beragam detail yang jadi bahan pertimbangan tersebut terkadang membuat sebagian calon mempelai pun memutuskan untuk membuat kartu undangan pernikahan polos. Tujuannya agar lebih fleksibel untuk memasukkan detail acara ke dalam kartu undangan tersebut.

1. Masa Tepat Membuat Undangan

Salah satu kesalahan fatal di dalam pembuatan kartu undangan adalah tidak menyediakan cukup waktu untuk membuat kartu undangan. 

Meskipun mungkin mesin cetak undangan saat ini lebih canggih sehingga proses cetak menjadi singkat, namun ada banyak detail lain yang juga membutuhkan waktu. Misalkan saja, pemilihan desain yang harus ada kata kesepakatan antara kedua mempelai dan keluarga.

Belum lagi pemilihan desain kartu undangan pasti juga harus mempertimbangkan kompromisasi dengan budget atau anggaran yang dimiliki. Oleh karena itu pembuatan dan pemilihan desain kartu undangan sudah pasti tidak akan sekali jadi serta butuh waktu ekstra.

Selain itu pembuatan kartu undangan pernikahan juga tidak dapat dilepaskan dari keakuratan informasi yang berkaitan dengan penulisan nama beserta gelar serta alamat dari tamu yang akan diundang.

Nah dengan mempertimbangkan berbagai hal di atas maka saat yang tepat bagi calon mempelai untuk membuat kartu undangan adalah segera setelah tanggal pernikahan serta lokasi acara pesta yang akan digelar telah pasti didapatkan.

Jangan pernah meremehkan apalagi menunda-nunda pembuatan kartu undangan pernikahan ini agar semua dapat berjalan sesuai dengan rencana serta harapan. 

Sebagai bahan perkiraan, alokasikan waktu sekitar lima hingga enam bulan sebelum hari H untuk membuat kartu undangan pernikahan.

2. Saat yang Tepat Mengirim Kartu Undangan

Langkah selanjutnya segera setelah desain kartu didapatkan adalah menentukan jasa pembuat kartu undangan yang recomended. Jika kedua hal tersebut telah didapatkan maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah merancang pengiriman undangan pernikahan.

Rumus terpenting dalam pelaksanaan hal ini adalah jangan sampai melakukan pengiriman kartu undangan terlalu awal. Akan tetapi jangan juga melakukannya terlalu dekat dengan hari H, apalagi sampai terlambat untuk mengirimkannya.

Tujuan dari hal ini adalah agar memberi kesempatan bagi sang penerima kartu undangan, untuk melakukan persiapan yang dibutuhkan guna menghadiri acara resepsi pernikahan tersebut.

Ada beberapa tips umum yang dapat dijadikan sebagai patokan jadwal atau perkiraan waktu pengiriman kartu undangan yang tepat bagi para calon mempelai, yaitu sebagai berikut:

Untuk Undangan Dalam Satu Wilayah (Dalam Kota) 

Bagi para calon tamu undangan yang bertempat tinggal di dalam satu kota, maka masa penyebaran atau pengiriman kartu undangan yang tepat adalah sekitar dua minggu sebelum hari H pernikahan diadakan. 

Jangan lupa, bahwa diperlukan juga waktu yang cukup bagi calon mempelai untuk menyebarkan atau mengirimkan kartu undangan tersebut. 

Artinya, jika semakin banyak jumlah undangan yang ada di dalam daftar, maka akan semakin banyak juga waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman. 

Untuk Undangan di Luar Kota

Jika bagi calon tamu undangan di dalam kota membutuhkan waktu kurang lebih selama dua minggu sebelum hari H, maka tidak demikian dengan undangan bagi calon tamu yang ada di luar kota.

Sudah pasti waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman akan jauh lebih lama. Selain itu bagi pihak yang diundang pasti juga akan memerlukan masa untuk mengatur jadwal waktu serta transportasi dan akomodasi dalam menghadiri undangan.

Oleh karena itu, idealnya pengiriman kartu undangan untuk pernikahan bagi para calon tamu yang berdomisili di luar kota adalah kurang lebih satu bulan sebelum hari H.

Undangan Pernikahan Gratis Online

Selain wujud kartu undangan untuk pernikahan yang memiliki bentuk konvensional, yaitu memakai kertas, di dalam masyarakat umum telah dikenal juga bentuk kartu undangan pernikahan online.

Jenis desain kartu undangan secara online ini dipilih selain karena pertimbangan untuk melakukan penghematan dana anggaran. juga menjadi jalan keluar terbaik membuat kartu undangan ketika masa pandemi Covid-19 kemarin merebak.

Selain praktis serta dapat menghemat biaya anggaran, pembuatan kartu undangan untuk pernikahan secara digital, juga sangat mudah serta dapat dikerjakan sendiri secara mandiri, tanpa memerlukan kehadiran pihak penyedia jasa layanan pembuatan kartu undangan.

Apalagi saat ini hal tersebut dapat diwujudkan dengan hadirnya teknologi aplikasi pembuat kartu undangan gratis dan praktis. Di bawah ini beberapa nama aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukannya, yaitu:

1. Canva

Aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kartu undangan pernikahan online gratis adalah Canva. Aplikasi yang bisa diperoleh secara gratis di PlayStore ini telah terbukti sangat dapat diandalkan, sehingga tak heran jika Canva pun menjadi pilihan terbaik editor PlayStore.

Di dalam aplikasi Canva, sang calon mempelai tak lagi perlu repot-repot untuk merancang atau membuat desain kartu undangan untuk pernikahannya. Hal ini disebabkan karena di dalam aplikasi Canva, pihak developer telah menyiapkan banyak sekali ragam template undangan.

Calon mempelai hanya perlu untuk mencari serta mendapatkan desain template yang sesuai dengan harapan, keinginan serta konsep dari pesta yang akan digelar. nantinya setelah desain kartu undangan jadi, maka hasil bisa langsung disimpan dan disebarkan secara online.

2. Creator

Aplikasi kedua untuk kartu undangan pernikahan selain Canva adalah Creator. Dengan aplikasi ini, maka calon mempelai akan mendapatkan kemudahan sebagaimana layaknya saat menggunakan aplikasi Canva.

Akan tetapi jika tak ingin terlihat pasaran karena memanfaatkan template yang disediakan serta memiliki waktu yang lumayan cukup, maka kartu undangan juga dapat dikreasikan sendiri dengan menggunakan berbagai tools yang telah tersedia.

3. Invitation Maker 2.0

Aplikasi berikutnya yang juga dapat dimanfaatkan untuk membuat kartu undangan online gratis adalah Invitation Maker 2.0. Di dalam aplikasi ini tersedia berbagai bentuk template yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna berdasarkan tema yang dipilih. 

Selain beragam template, di dalam aplikasi Invitation Maker 2.0, juga terdapat variasi latar belakang untuk kartu undangan yang menarik. 

Tentu saja dengan berbagai jenis background yang dapat dipilih tersebut maka sang pengguna dipastikan akan dapat membuat desain kartu undangan sesuai dengan seleranya sendiri. Apalagi di dalam aplikasi telah tersedia tools yang memungkinkan hal tersebut terjadi.

4. Party Invitation Card Maker

Ingin membuat desain kartu undangan pernikahan islami secara online namun dana sangat terbatas? Tak perlu khawatir manfaatkan saja keberadaan aplikasi gratis yang ada di PlayStore, yaitu Party Invitation Card Maker.

Aplikasi yang satu ini memang dibuat khusus oleh developernya untuk menghasilkan beragam kartu undangan untuk acara-acara pesta. Jadi mau membuat pesta apapun itu, entah pesta ulang tahun, pesta pernikahan atau jenis pesta lainnya, semua dapat dimungkinkan dengan mudah.

5. Invitation Maker by Greetings Island

Rekomendasi aplikasi untuk membuat undangan yang simpel namun berkesan lainnya adalah Invitation Maker by Greetings Island. Di dalam aplikasi yang dibangun oleh Greeting Island ini telah tersedia berbagai jenis template dari berbagai kategori.

Kategori template yang disediakan oleh pihak pengemabng aplikasi antara lain adalah kartu undangan acara pernikahan, kartu undangan untuk menyelenggarakan acara ulang tahun, hingga berbagai kartu undangan untuk melangsungkan acara keagamaan. 

Lebih menariknya lagi, di aplikasi Invitation Maker by Greetings Island ini, para penggunanya dapat melakukan editing sesuai selera pada ratusan desain template yang disediakan. Dengan kapasitas aplikasi yang hanya berkisar 21 MB, rasanya aplikasi ini layak untuk dicoba.

Nah jadi kapan nih akan membuat undangan pernikahan? Semoga uraian di atas dapat menjadi dasar inspirasi ya.

  • 081222313391

Posting Komentar untuk "Berbagai Hal Di Undangan Pernikahan yang Wajib Diketahui"