Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi Undangan Pernikahan Simple dan Menarik

Pernikahan merupakan momen penting bagi sepasang calon suami istri dan keluarga besar. Banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan acara pernikahan tersebut. Salah satunya adalah mempersiapkan undangan pernikahan simple.

Bagaimana cara membuat undangan pernikahan? Bagian terpenting dalam pembuatan undangan pernikahan adalah desain undangan pernikahan. Artikel ini akan membahas tentang undangan pernikahan sederhana atau simple, menarik, dan elegan!

Inspirasi Undangan Pernikahan Simple

Undangan pernikahan cantik sederhana kini menjadi pilihan bagi banyak pasangan karena terlihat lebih aesthetic. Hal utama yang harus diperhatikan dalam pembuatannya adalah desain undangan, termasuk background, gaya tulisan, elemen/ ikon, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa inspirasi desain undangan pernikahan yang sederhana atau simple, tetapi tetap terlihat menarik, yaitu:

1. Undangan Pernikahan dengan Tema Islami

Undangan pernikahan islami merupakan tema undangan pernikahan yang banyak digunakan. Ciri khasnya adalah mencantumkan beberapa ayat suci Al-Quran di dalam undangan.

Agar tetap terlihat simple, ayat suci Al-Quran dapat dicantumkan pada bagian awal atau pembukaan dan bagian akhir atau penutup undangan.

2. Undangan Pernikahan Elegan dan Simple

Background undangan pernikahan dapat dibuat sederhana atau bahkan tanpa gambar agar terkesan lebih simple. Jika ingin menambahkan gambar dapat memilih gambar geometris dasar atau ikon tumbuhan yang sederhana.

Meskipun simple, undangan pernikahan sederhana tapi elegan dapat dibuat dengan menambahkan warna gold atau perak. Warna ini dapat digunakan untuk warna font atau tulisan. 

Undangan pernikahan dengan kesan elegan dan simple juga dapat dibuat dengan kombinasi background hitam dan warna gold atau perak untuk tulisannya. Perhatikan gaya tulisan yang dipilih agar tetap memiliki kesan elegan.

Kemas undangan dengan tempat yang sederhana atau hanya menggunakan pita saja. Anda juga bisa memilih menggunakan tali rami untuk membentuk ikatan sebagai penutup undangan.

3. Undangan Pernikahan Menarik dan Unik

Undangan pernikahan simple juga bisa dibuat menarik dan unik. Anda bisa berkreasi dengan bentuk undangan pernikahan yang dibuat. Jika pada umumnya undangan pernikahan hanya dibuat seperti amplop atau brosur, maka Anda bisa membuat udangan dengan bentuk lainnya.

Misalnya, undangan pernikahan dapat dibuat dalam bentuk bulat seperti CD musik. Undangan pernikahan unik seperti ini sangat cocok untuk pasangan calon pengantin yang memiliki hobi musik.

Undangan pernikahan yang unik juga dapat dibuat dalam bentuk seperti puzzle sederhana. Puzzle yang dibuat bisa terdiri dari tiga atau empat bagian saja. Undangan seperti ini sangat cocok dibuat menggunakan kertas yang lebih tebal.

Inspirasi undangan unik untuk pernikahan lainnya adalah undangan yang dibuat dengan bentuk menyerupai tiket pesawat, tiket kereta, atau tiket transportasi perjalanan lainnya. Undangan seperti ini pastinya simple karena hanya berupa seperti tiket selembar dan tempat atau wadahnya.

4. Undangan Pernikahan yang Aesthetic

Undangan pernikahan aesthetic kini juga banyak dipilih karena memang memiliki kesan kekinian, modern, elegan, dan simple. Undangan dengan tema aesthetic juga memang memiliki kesan tampilan yang sederhana.

Undangan aesthetic umumnya dibuat dengan menggunakan kertas berwarna cokelat atau cream. Hiasan yang digunakan dapat berupa tali rustic, bunga kering, stample lilin, dan lain sebagainya.

Undangan aesthetic juga dapat dibuat menggunakan tema rustic menggunakan kertas cokelat, tali rami, dan bisa ditulis menggunakan tulisan tangan sendiri. Tambahkan gambar tanaman seperti bunga berwarna putih atau gambar lampu-lampu bolam putih agar undangan terlihat menarik.

Undangan pernikahan dengan tema aesthetic tidak hanya dapat dibuat menggunakan kertas, tetapi Anda bisa membuatnya menggunakan akrilik bening. Tulisan dan desain undangan dapat dicetak menggunakan cetakan khusus akrilik.

Selain itu, tulisan dan desain undangan akrilik juga dapat dibuat secara manual menggunakan spidol khusus yang berwarna putih. Anda juga bisa menambahkan dekorasi sederhana berwarna putih atau emas agar terkesan elegan.

Nantinya, undangan pernikahan akrilik tersebut dapat dimasukkan ke dalam wadah kotak atau amplop karena ukurannya yang tipis.

5. Undangan Pernikahan Classic

Undangan pernikahan unik juga dapat dibuat dengan tema classic. Undangan seperti ini juga memiliki kesan simple atau sederhana. Selain itu, pembuatannya pun tidak terlalu ribet atau membutuhkan banyak bahan, sehingga terkesan lebih murah.

Undangan pernikahan simple dengan tema classic dapat dibuat dengan menggunakan kertas putih, tali rami, kertas renda atau hiasan bunga. Tulisan di dalamnya dapat ditulis menggunakan warna putih atau warna lainnya agar lebih terlihat jelas.

6. Undangan Pernikahan Digital atau Online

Selain undangan pernikahan yang dicetak, di era digital seperti sekarang banyak pasangan memilih untuk membuat undangan pernikahan digital. Undangan pernikahan seperti ini dapat dibuat dengan berbagai desain unik dan inspiratif, termasuk desain undangan yang simple.

Hal ini karena informasi yang disampaikan di dalam undangan digital dapat lebih ringkas, misalnya berupa QR Code, link, dan lain sebagainya.

Banyak juga pihak yang kini membuka jasa jual desain undangan pernikahan digital atau online. Template undangan digital sederhana dapat dibuat sesuai keinginan customer. Undangan digital juga dapat dibuat dalam bentuk foto-foto maupun video agar lebih menarik.

Undangan digital yang sudah dibuat nantinya dapat disebarkan melalui chatting maupun media sosial, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak undangan dalam jumlah yang banyak.

Tips Lainnya untuk Membuat Undangan Pernikahan Simple

Selain memperhatikan desain yang sederhana atau simple, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membuat contoh undangan pernikahan simple. Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan dalam pembuatan undangan pernikahan, yaitu:

1. Perhatikan Isi Informasi di Undangan

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam cara membuat undangan simple atau sederhana adalah bagian isi informasi. Undangan pernikahan pasti bersisi sejumlah informasi tentang nama pengantin, nama orang tua, alamat, tanggal pernikahan, waktu acara, dan lain sebagainya.

Informasi yang dicantumkan dalam undangan pernikahan memang cukup banyak. Seluruh informasi tersebut harus dikemas dan disajikan secara sederhana atau tidak bertele-tele di dalam undangan agar tetap memiliki kesan simple.

2. Pilih Gaya Font atau Tulisan yang Sederhana

Salah satu ciri undangan pernikahan simple adalah memiliki gaya font atau tulisan yang sederhana atau tidak berlebihan. Artinya, tulisan yang digunakan tetap terlihat jelas dan indah, tetapi tidak terlalu banyak hiasan.

Anda bisa memilih gaya tulisan sederhana di dalam undangan pernikahan dengan tetap menyesuaikan desain undangan yang sudah dibuat. Perhatikan juga ketebalan dan ukuran dari masing-masing informasi atau tulisan yang dicantumkan dalam undangan.

Informasi yang penting dan utama seperti nama pengantin pada umumnya ditulis lebih besar dan menggunakan gaya tulisan lebih indah. Sementara informasi penting lainnya ditulis dengan ukuran lebih kecil dan memiliki gaya tulisan yang jelas atau mudah dibaca.

3. Perhatikan Kombinasi Warna dalam Undangan

Kombinasi warna di dalam desain undangan pernikahan sangat menentukan kesan yang ditampilkan. Undangan pernikahan yang sederhana atau simple pada umumnya menggunakan warna-warna yang senada dan lebih netral.

Anda bisa membuat beberapa contoh undangan pernikahan dengan kombinasi warna-warna yang berbeda sebagai perbandingan.

4. Pilih Ikon atau Elemen yang Sederhana

Undangan pernikahan tidak hanya berisi tentang informasi berupa tulisan, tetapi juga berisi beberapa gambar, ikon, dan elemen tertentu. Ketiga hal tersebut dicantumkan untuk menambah nilai estetika dari undangan pernikahan yang dibuat.

Undangan pernikahan simple sebaiknya menggunakan gambar, ikon, atau elemen sederhana dan dalam jumlah secukupnya agar tidak terkesan berlebihan. Misalnya, garis, titik, bentuk geometris sederhana, gambar tumbuhan sederhana, dan lain sebagainya.

5. Gunakan QR Code agar Lebih Simple

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa informasi di undangan harus dikemas dengan ringkas agar terlihat simple. Anda bisa menggunakan QR Code di dalam undangan. QR Code tersebut dapat di scan menggunakan smartphone untuk menampilkan informasi tertentu.

Pada umumnya informasi yang diringkas menggunakan QR Code adalah informasi tentang detail lengkap atau denah alamat lokasi pernikahan akan diadakan. QR Code seperti ini dapat langsung di scan dan menampilkan Google Maps lokasi acara pernikahan.

Selain membuat undangan pernikahan terlihat lebih simple, tips yang satu ini juga sangat bermanfaat, efektif, dan efisien untuk para tamu undangan.

Penutup

Undangan pernikahan simple di atas dapat menjadi inspirasi untuk Anda yang sedang mempersiapkan desain undangan pernikahan. Desain undangan pernikahan seperti ini memang terkesan sederhana tetapi tetap menarik dan elegan, sehingga bisa menjadi pilihan terbaik.

Posting Komentar untuk "Inspirasi Undangan Pernikahan Simple dan Menarik"