Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Teknik Cetak Offset dan Keunggulannya

Teknik cetak offset adalah salah satu teknik percetakan yang sering digunakan, terutama pada sebuah organisasi ataupun perusahaan untuk berbagai keperluan. Selain karena keunggulan produk yang dihasilkan, cara kerja mesin offset memang jauh lebih efektif dan efisien.

Biasanya, teknik offset printing ini digunakan untuk jumlah yang besar dengan konsistensi yang baik, sehingga biaya yang dikeluarkan pun juga lebih ekonomis dibandingkan dengan metode digital printing. Simak terus untuk lihat proses cetak offset di sini!

Apa Itu Teknik Cetak Offset ?

Cetak offset disebut juga dengan litografi (cetak datar) adalah salah satu metode yang digunakan pada industri percetakan untuk menghasilkan barang sesuai dengan keinginan. 

Disebut dengan litografi karena pada proses pengerjaannya menggunakan plat datar, sehingga posisi gambar yang ingin dicetak dan tidak ingin dicetak akan sama tingginya. Cetak offset juga merupakan metode yang menggunakan plat sebagai media penampung materi.

Pada prosesnya, plat ini akan menampung tinta yang akan ditempelkan, kemudian dari plat akan di-offset atau ditransfer ke lembaran karet (rubber blanket). Setelah itu, barulah bisa dipindahkan ke media yang ingin dicetak, misalnya kertas. 

Teknik cetak offset ini memang disebut sebagai metode yang paling efektif dan unggul karena bisa menghasilkan barang dalam jumlah besar serta dengan ketajaman gambar yang lebih bagus dibanding metode digital printing. 

Proses Cetak Offset

Mungkin Anda sedikit bingung dengan perbedaan antara metode percetakan digital printing dengan offset printing. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Bedanya offset printing dan digital printing adalah terletak pada metode dan hasil cetaknya.

Offset printing akan melalui tahap pemindahan materi dari plat, sedangkan digital printing tidak memerlukan plat karena menggunakan teknik komputerisasi. Inilah yang menyebabkan proses digital printing lebih ringkas, cepat, tetapi hanya bisa memproduksi per satuan. 

Meski begitu, pada tahap finishing, keduanya sama-sama melalui proses pengeringan. Nah, bagaimana proses dari cetak offset ini berlangsung?

1. Pra-Cetak

Sama seperti mesin-mesin printing lainnya, pada tahap pra-cetak, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti desain, pembuatan plat cetak dengan manual maupun menggunakan CTP (Computer to Plate), dan lainnya. 

Sebelum memasuki tahap teknik cetak offset printing ini, Anda perlu membuat desainnya terlebih dahulu. Ada banyak software graphic design yang digunakan, bisa dengan CorelDraw, Adobe Ilustrator, dan masih banyak lagi. 

2. Proses Cetak Offset

Proses cetak berguna untuk memperbanyak gambar atau teks sesuai dengan acuan plat maupun cetak yang dibuat pada bagian prepress. Dalam proses ini, Anda perlu memperhatikan parameter : ketepatan warna, keteraturan jalan kertas, dan sebagainya.

Adapun prinsip dari teknik cetak digital maupun offset :

1. Unit pentintaan

2. Unit pembasahan

3. Plat silinder

4. Blanket silinder

5. Silinder penekan

6. Material cetak


3. Pasca-Cetak atau Finishing

Hasil cetakan akan diaplikasikan sesuai keinginan dan kebutuhan pada tahap finishing. Pada umumnya, tahap pasca-cetak di mesin offset terdiri dari memotong kertas, laminating, poly (hot stamp), emboss (deboss), pond, binding (lem panas), dan perforasi.

Keunggulan dan Kelemahan Teknik Offset 

Dengan penjelasan di atas, bisa Anda simpulkan bahwa teknik dan lama proses pengerjaan dengan metode offset memang membutuhkan waktu yang lama, sama halnya seperti pada teknik percetakan konvensional lainnya karena membutuhkan ketelitian yang lebih tinggi.

Akan tetapi, ada banyak keunggulan teknik cetak offset yang tidak bisa Anda dapatkan dari teknik-teknik percetakan lainnya :

  • Hasil cetakan lebih banyak dibanding digital printing
  • Waktu mencetak lebih sedikit dengan biaya produksi lebih ekonomis
  • Tebal hasil kertas cetakan bisa sampai 300 gsm dengan tekstur yang kasar
  • Banyak pilihan warna, mulai dari emas, perak, dan stabilo dengan melalui teknik percetakan terbaik
  • Hasil cetak yang lebih tajam, teliti, sempurna, dan sesuai keinginan
  • Bila dibandingkan dengan digital printing, teknik cetak ini memang lebih membutuhkan banyak waktu, terlebih dengan penggunaan tinta basah yang perlu melalui proses pengeringan 
  • Cenderung bersifat kurang ramah lingkungan karena bisa menyebabkan limbah dari proses pewarnaan

Meski begitu, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan dari offset printing ini :

Pelayanan Cetak Offset Terbaik di Oase Project

Itulah penjelasan seputar teknik cetak offset yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih metode cetak ini dibandingkan dengan metode percetakan lainnya.

Untuk hasil cetak yang maksimal, Oase Project akan selalu hadir menyediakan layanan terbaik untuk Anda yang ingin mencetak berbagai macam media dengan proses pengerjaan unggul. 

Teknik percetakan akan ditangani langsung oleh orang-orang yang ahli di bidangnya, sehingga Anda pun akan puas dengan hasilnya. Tunggu apalagi? Yuk, pesan sekarang juga!

Posting Komentar untuk "Kenali Teknik Cetak Offset dan Keunggulannya"